Jumat, September 19, 2008

International Years Of Astronomy 2009

IYA Logo

Tanggal 20 Desember 2007 yang lalu, Perserikatan Bangsa-Bangsa, melalui sidang Majelis Umum ke-62, secara resmi mendeklarasikan tahun 2009 sebagai Tahun Astronomi Internasional – International Year of Astronomy (IYA2009). Hal ini ditujukan untuk memperingati 400 tahun penggunaan teleskop untuk pertama kalinya bagi keperluan astronomi oleh Galileo Galilei. Resolusi ini merupakan prakarsa dari International Astronomical Union (IAU) dan UNESCO, dan diajukan ke PBB oleh Italia sebagai negara asal dari Galileo. (Tahun 2005, PBB menyatakannya sebagai Tahun Fisika Internasional, untuk memperingati seabad penemuan teori relativitas khusus oleh Einstein).

Perjalanan untuk sampai pada deklarasi resolusi secara resmi ini sendiri sangatlah panjang. Bermula dari ketetapan IAU pada sidang Majelis Umum tanggal 23 Juli 2003 di Sydney, Australia, yang secara aklamasi mengusulkan tahun 2009 sebagai Tahun Astronomi Internasional. Berikutnya, usulan ini diajukan ke UNESCO atas prakarsa Italia dan akhirnya diterima oleh Konferensi Umum UNESCO pada sesi ke-33 tahun 2006, dan kemudian direkomendasikan oleh UNESCO ke PBB. Dengan resolusi ini, PBB menetapkan UNESCO sebagai lead agency dan IAU sebagai badan fasilitator untuk IYA2009.

Sebagaimana kita ketahui, pengamatan astronomi menggunakan teleskop oleh Galileo menghasilkan penemuan-penemuan astronomi yang fundamental dan telah memicu revolusi saintifik yang mengubah pandangan kita tentang alam semesta secara mendalam. Penemuan bulan-bulan Jupiter oleh Galileo memberikan bukti untuk membantah konsep geosentrik. Kemudian hukum gerak planet memberikan fondasi penting bagi penemuan hukum-hukum mekanika oleh Isaac Newton. Sains moderen kemudian tumbuh sangat pesat. Dewasa ini, teleskop-teleskop, baik landas-bumi maupun landas-layang (di antariksa), terus menyelidiki alam semesta, 24 jam sehari pada seluruh panjang gelombang.

IYA2009 menggarisbawahi kerjasama global bagi perdamaian – pencarian asal-usul kita dalam kosmos dan warisan kita bersama yang menghubungkan seluruh warga planet Bumi. Selama ribuan tahun, para astronom telah bekerja bersama-sama menembus semua batas termasuk batas-batas geografis, gender, usia, budaya, dan ras, sesuai dengan piagam PBB. Dalam pengertian ini, astronomi merupakan contoh klasik bagaimana sains dapat berkontribusi untuk memajukan kerjasama internasional. Astronomi merupakan sumber inspirasi tak ternilai bagi kemanusiaan di seluruh bangsa-bangsa.

IYA2009, pertama dan utamanya, adalah suatu aktivitas bagi warga planet Bumi, yang ditujukan untuk berbagi pengetahuan fundamental tentang alam semesta dan tempat kita di dalamnya. Sejauh ini sudah terdapat 100 negara dan 14 organisasi yang menyatakan turut serta merayakan IYA2009; termasuk Indonesia. Bangladesh adalah negara ke-100 yang menyatakan partisipasinya pada IYA2009. Berbagai persiapan sedang dilakukan menyongsong perayaan ini, dan di Indonesia kegiatan ini dikoordinasi oleh Observatorium Bosscha.


Berikut di bawah ini terdapat satu paragraph utuh yang diambil dari sambutan presiden IAU yaitu Catherine Cesarsky.

"Astronomy is one of the oldest fundamental sciences. It continues to make a profound impact on our culture and is a powerful expression of the human intellect. Huge progress has been made in the last few decades. One hundred years ago we barely knew of the existence of our own Milky Way. Today we know that many billions of galaxies make up our Universe and that it originated approximately 13.7 billion years ago. One hundred years ago we had no means of knowing whether there were other solar systems in the Universe. Today we know of more than 200 planets around other stars in our galaxy and we are moving towards an understanding of how life might have first appeared. One hundred years ago we studied the sky using only optical telescopes and photographic plates. Today we observe the Universe from Earth and from space, from radio waves to gamma rays, using cutting edge technology. Media and public interest in astronomy have never been higher and major discoveries are frontpage news throughout the world. The IYA2009 will meet public demand for both information and involvement."

pada kalimat yang di bold, kurang lebih terjemahannya adalah sebagai berikut:

"Astronomi adalah salah satu ilmu pengetahuan pokok tertua. Itulah yang terus memberikan dampak kuat pada kebudayaan kami dan ungkapan perasaan kuat manusia. Kemajuan yang besar telah diraih pada dasawarsa akhir ini. Seratus tahun yang lalu kami baru saja mengetahui keberadaan kami sendiri di Bima Sakti. Hari ini kami mengetahui banyak milyaran galaksi tercipta di Alam Semesta kami, dan itu telah dimulai sekitar 13,7 milyar tahun yang lalu. Seratus tahun yang lalu kami tidak mempunyai alat untuk mengetahui apakah ada sistem tata surya lain di Alam Semesta. Hari ini kami mengetahui lebih dari 200 planet disekitar bintang lain di galaksi kami dan kami bergerak ke arah pengetahuan tentang bagaimana awal kehidupan yang besar mulai tampak. Seratus tahun yang lalu kami belajar tentang langit yang hanya memakai teleskop optik dan plat fotografis. Hari ini kami mengamati Alam Semesta dari Bumi hingga angkasa, dari gelombang radio ke sinar gamma, menggunakan teknologi teratas."

0 komentar:

 

Forum of Scientist Teenagers (FOSCA) Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template