Rabu, Juli 07, 2010

Report 2nd FOSCA SCIENCE CAMP 2010 - PPKAB Bodogol - Lido Sukabumi Jawa Barat


Pada tanggal 01-04 Juli 2010, FOSCA mengadakan kegiatan Tahunan tentang Pelatihan Penelitian untuk siswa-siswi SMA yang tergabung dalam KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) bernama 2nd FOSCA SCIENCE CAMP 2010. Kegiatan ini dipusatkan di Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol (PPKAB) dan Stasiun Penelitian Bodogol (SPB) Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) – Lido Sukabumi Jawa Barat.

Peserta SCIENCE CAMP 2010 di kelompokkan menjadi 6 Tim Peneliti

Dihari pertama para peserta berangkat dari Planetarium Jakarta (Sekretariat FOSCA) menuju lokasi kegiatan dengan menggunakan jasa KRL Pakuan AC Bogor dan carter angkutan kota (angkot) menuju desa bodogol. Sesampai di desa bodogol, semua rombongan berjalan kaki sejauh 3 km menuju PPKAB dengan melewati perkebunan jagung & singkong, serta masuk ke hutan homogen & heterogen. Dipertengahan jalan rombongan diguyur hujan lebat saat berada di hutan. Hingga akhirnya pukul 13.00 WIB semua rombongan tiba di PPKAB dan beristirahat sekaligus makan siang yang telah disediakan oleh pihak PPKAB. Setelah makan diadakan pembukaan dan pengenalan area kegiatan yang diwakili oleh Kak Tangguh dan Kak Mayang dari Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Malam harinya para peserta diperkenalkan Metode Penelitian untuk Primata, Serangga, Burung, Hutan, Air, dan Tanaman Obat. Selain itu juga para peserta juga di jelaskan jalur-jalur penelitian yang akan peserta lewati esok hari pada saat pengambilan data penelitian.

Kegiatan Pengambilan Data Penelitian yang dilakukan oleh ke-6 Tim Peneliti

Dihari kedua, Tim Peneliti Burung dan Primata berangkat lebih pagi setelah sarapan pagi, sedangkan Tim Peneliti Tanaman Obat dan Serangga berangkat 45 menit setelah tim sebelumnya menuju jalur curug cipadaranten untuk memasang jebakan serangga tanah dan tim satunya menuju jalur jembatan kanopi untuk mngidentifikasi tanaman-tanaman yang mempunyai khasiat sebagai obat. Setelah 30 menit Tim Serangga jalan, giliran Tim Peneliti Hutan dan Perairan yang jalan menuju Hutan Pinus dan Curug Cikaweni untuk meneliti hutan jenis homogen dan vegetasi dan struktur perairan di air terjun cikaweni. Pada pukul 12.00 WIB semua tim peneliti sudah semua berkumpul di Base Camp (saung atas), para peserta istirahat utnuk makan siang, tiba-tiba muncul seekor Burung Elang Ular Bido diatas Base Camp peserta, dan Tim Burung lekas mengambil Binokuler untuk mengamati Burung Elang tersebut. Pada Pukul 14.00 WIB, semua Tim Peneliti melakukan Pengolahan Data Penelitian didampingi oleh para Pendamping dan Interpreter dari pihak PPKAB. Dan dimalam harinya para peserta melakukan Analisa Data Penelitian dengan bantuan beberapa reverensi buku, jurnal, leflet ilmiah, sprit contoh buku Panduan Burung yang di terbitkan oleh BirdLife, Panduan Serangga yang diterbitkan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Panduan Indikator Biota air tawar yang diterbitkan Wetland Indonesia, dan masih banyak lagi panduan baik dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) maupun dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Kegiatan Pengambilan dan Mempresentasikan Data Penelitian oleh ke-6 Tim Peneliti

Dihari ketiga para tim Peneliti bersiap-siap melakukan Presentasi Hasil Penelitian dengan menggunakan media presentasi Microsoft Powerpoint (ppt) dimulai dari kelompok Primata, Hutan, Tanaman Obat, dan Burung. Presentasi di istirahatkan untuk makan siang lalu dilanjutkan sore-malam untuk tim peneliti Air dan Serangga. Ke esokan harinya para peserta berkunjung ke Jembatan Kanopi dan Cat Walk (spot pengamatan burung), hingga akhirnya para peserta bersiap-siap untuk berberes-beres barang bawaan untuk siap-siap pulang ke Jakarta. Sebelum pulang di umumkan Tim Peneliti Terbaik SC 2010 dan Peserta Terbaik SC 2010, yang jatuh pada Tim Peneliti Serangga sebagai Tim Peneliti Terbaik SC 2010 yang diketuai oleh  Erika (SMAN 82 Jakarta), Abdul (SMAN 35 Jakarta), Vika (SMAN 4 Jakarta), dan Puji (SMAN 14 Bekasi), sedangkan untuk Peserta Terbaik SC 2010 jatuh pada Guardian (SMAN 5 Bekasi). Setelah acara pengumuman diadakan acara penutupan dan foto bareng. Tepat Pukul 10.00 WIB semua rombongan turun ke desa bodogol untuk pulang menuju Jakarta.

Foto bareng di depan Asrama Penginapan para Peserta 2nd FOSCA SCIENCE CAMP 2010

Foto bareng Peserta dan Pendamping 2nd FOSCA SCIENCE CAMP 2010
Demikianlah informasi gambaran kecil 4 hari acara 2nd FOSCA SCIENCE CAMP 2010 di Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol (PPKAB). Kegiatan SCIENCE CAMP ini didedikasikan untuk merayakan International Year of Biodiversity (IYB) 2010. Sampai Jumpa di 3rd FOSCA SCIENCE CAMP 2011 sekaligus merayakan International Year of Chemistry (IYC) 2011.

0 komentar:

 

Forum of Scientist Teenagers (FOSCA) Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template