Sabtu, Februari 20, 2010

World Book Day 2010 - Kampanye 1000 Foto Kepergok Membaca


Kampanye 1000 Foto Kepergok Membaca bukanlah kompetisi, melainkan sebuah festival atau perayaan partisipatif yang bersifat non-komersil. 1000 Foto Kepergok Membaca akan ditampilkan online. Bersama dengan Lembaga Pendidikan Jurnalistik Antara, kami akan memilih 100 Foto paling inspiratif untuk dipamerkan di ruang-ruang publik. 100 Foto tersebut juga akan dibukukan dalam buku 100 Foto Kepergok Membaca.

Panitia tidak memungut biaya dalam program ini. Dengan mengirimkan foto dan formulir, maka peserta telah menjamin tidak ada pelanggaranhak cipta atas karya yang dikirimkan. Panitia berhak menggunakan foto-foto tersebut dalam seluruh kegiatan Kampanye 1000 Foto Kepergok Membaca. Panitia akan melakukan koordinasi dengan peserta untuk kepentingan penggunaan tersebut. Gugatan atas hak cipta foto yang dikirimkan merupakan tanggungjawab peserta.

World Book Day merupakan perayaan perbukuan yang dicanangkan UNESCO untuk dirayakan setiap tanggal 23 April. World Book Day Indonesia sendiri merupakan program yang diluncurkan Forum Indonesia Membaca untuk mempromosikan perayaan World Book Day di Indonesia. Program ini mulai diselenggarakan sejak tahun 2006. World Book Day Indonesia dirancang sebagai sebuah perayaan komunitas perbukuan atas buku, lebih dari sekedar kegiatan jual-beli. Setiap tahunnya kami mendorong komunitas-komunitas perbukuan di Indonesia untuk berpatisipasi dalam perayaan World Book Day sebagai bentuk apresiasi terhadap dunia perbukuan di Indonesia.


World Book Day Indonesia mengangkat tema "Kepergok Membaca" sebagai tema perayaan tahun 2010. Salah satu program utama tahun ini yaitu Kampanye 1000 Foto Kepergok Membaca. Program ini merupakan upaya untuk merekam dan mencari tahu budaya membaca masyarakat Indonesia. Melalui foto-foto yang terkumpul kita dapat melihat perilaku membaca di lingkungan sekitar kita. Selain program kampanye 1000 Foto Kepergok membaca, WBD 2010 akan mengadakan program seperti ;

1. WBD On Air
2. Peluncuran 100 Buku Bacaan Anak
3. Pameran 100 Foto Kepergok Membaca dan Ilustrasi
4. Peluncuran Buku dan Pameran Foto Kepergok Membaca
5. WBD Goes to School
6. Kupon Sebulan Buku Diskon
7. Press Conference dan Perayaan Bersama Komunitas

Tahun 2009 yang lalu, FOSCA turut berpartisipasi dalam perayaan acara WBD, dan untuk tahun 2010, FOSCA berkeinginan untuk ikut juga merayakan WBD 2010 dengan berbagai kegiatan yang bernuansa buku dan sains. Adapun teman-teman KIR yang mempunyai usulan tahun ini FOSCA akan menampilkan apa..? bisa memberikan saran ke email FOSCA di kir_fosca@yahoo.co.id

Informasi program ini berasal dari www.worldbookdayindonesia.org

0 komentar:

 

Forum of Scientist Teenagers (FOSCA) Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template