Minggu, Februari 21, 2010

Report Kegiatan FOSCA sepanjang bulan Februari 2010


FOSCA melaporkan kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan oleh FOSCA selama bulan Februari 2010, diantaranya ; ada acara KIRJAS FAIR 2010, OPEN HOUSE CENTER CULTURE PRANCE (CCF) 2010, SEAN+3 YOUTH FORUM "SCIENCE FOR ALL" EVENT. Dimana dalam 3 kegiatan ini FOSCA terlibat untuk memeriahkan acara tersebut, adapun paparan kegiatan sebagai berikut ;

KIRJAS FAIR 2010

FOSCA diundang untuk menghadiri acara tahunan yang diadakan oleh Kelompok Ilmiah remaja Jakarta Selatan (KIRJAS), yang bernama KIRJAS FAIR 2010. Acara yang diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 13 Februari 2010 bertempat di Audiotorium Bulungan Gelanggang Remaja Jakarta Selatan. Dalam acara tersebut menampilkan Presentasi Ilmiah dari KIR MAN 7, 13 Jakarta dan SMAN 34 Jakarta, selain acara tersebut kegiatan ini juga menampilkan acara Training Motivasi yang diberikan oleh Bapak Dr.Edi Sukur, M.Eng dari MITI (Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia) dan ada Pameran hasil para penelitian teman-teman KIR, baik berupa alat, miniatur aptek, dan karya tulis. Sedangkan Tim dari FOSCA berasal dari KIR SMAN 31, 54, 61, 84, 98 Jakarta, KIR SMA Labschool Jakarta, dan KIR SMAN 5 Bekasi.

Training Motivasi yang diberikan oleh Bapak Dr.Edi Sukur, M.Eng dari MITI

KIR SMAN 34 Jakarta menjadi pemenang sebagai KIR Sekolah Teladan 2010 diajang KIRJAS FAIR 2010

Kegiatan KIRJAS FAIR 2010 diadakan sebagai peringatan ULTAH KIRJAS ke 4, selain itu diadakan Pengumuman Pemenang LPKS (Lomba Program Kreativitas Sekolah) 2010 dan Penganugrahan KIRJAS Awards 2010, dimana hasilnya sebagai Juara Umum LPKS 2010 di sandang oleh KIR MAN 13 Jakarta dengan ditandai sebuah Piala Bergilir dari Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dan Penghargaan KIRJAS Awards 2010 untuk kategori KIR SEKOLAH TELADAN 2010 yang diraih oleh KIR SMAN 34 Jakarta dengan ditandai Piala dari Kantor Kementerian Riset dan Teknologi RI. Selamat buat Para pemenang, nominator dan para finalis di acara KIRJAS FAIR 2010.

Poster acara KIRJAS FAIR 2010 - 13 Februari 2010

Tak lupa kami dari FOSCA mengucapkan terima kasih atas undangannya, semoga tambah sukses ya teman-teman KIRJAS, amin.

OPEN HOUSE CENTRE CULTUREL FRANCAIS DE JAKARTA (CCF) 2010

FOSCA pada tanggal 20 Februari 2010 mengikuti acara di Pusat Kebudayaan Prancis di daerah Salemba Jakarta Pusat. Acara yang bernama Open House CCF 2010 memperkenalkan beberapa kegiatan, diantaranya ; Kursus Singkat (90 menit) bahasa Prancis, Tour kunjungan di semua fasilitas CCF (Perpustakaan, Galeri, Teathere, dll), Pemutaran Film Prancis, Pameran Lukisan & Foto tentang Prancis, dan masih banyak lagi yang lain. Tim rombongan FOSCA yang berkunjung berasal dari KIR SMAN 61, 98, 105 Jakarta dan KIR SMAN 4 Bekasi. Adapun Dokumentasi kegiatannya sebagai berikut :

Registrasi pengunjung di acara Open House CCF 2010

Fasilitas Perpusatakaan CCF yang diperkenalkan pada acara Open House CCF 2010

Poster acara OPEN HOUSE CCF 2010 - 20 Februari 2010

Dalam acara ini, teman-teman yang ikut dalam acara ini, merasa bangga dikarenakan dapat langsung belajar bagaha prancis langsung dari orang prancisnya, semoga kita bisa dapat mengunjungi pusat kebudayaan negara asing yang lain, amin. thank teman2 KIR atas partisipasinya.

SEAN+3 Youth Forum "SCIENCE FOR ALL"

FOSCA pada tanggal yang sama (tepatnya tanggal 20 Februari 2010) juga dilibatkan dalam mengisi dalam acara yang diadakan oleh SEAN+3 Youth Forum (yakni Forum Pemuda yang berada dikawasan ASEAN + 3 Negara, yakni Jepang, Korea dan China) untuk Indonesia. Kakak-kakak dari SEAN+3 Youth Forum mengenalkan salah satu cabang science, yakni Astronomi. acara yang bertempat di kompleks Planetarium & Observatorium Jakarta menampilkan acara Talkshow tentang komunitas astronomi, dimana narasumbernya berasal dari Himpunan Astronomi Amatis Jakarta (HAAJ) dan FOSCA sendiri yang diwakili oleh Saudara Adly Renhoran (FOSCA).

Lalu setelah acara talkshow selesai, dilanjutkan dengan nonton pertunjukan Planetarium selama 1 Jam, dan diakhiri dengan Kunjungan ke salah satu dari fasilitas Observatorium Jakarta yakni teleskop Takahasi, dengan naratornya adalah kak Nurdiansah yang juga berperan sebagai Pengurus HAAJ. Adapun Dukumentasinya sebagai berikut ;

Penyerahan ucapan dan penghargaan untuk FOSCA yang diberikan oleh ka Zakky Yamani (Koordinator SEAN+3 Youth Forum untuk Indonesia)

Foto bareng dengan para peserta acara SCIENCE FOR ALL

Kunjungan ke Observatorium Jakarta di Teleskop takahashi untuk para peserta SCIENCE FOR ALL

Ucapan terima kasih kepada kakak dari SEAN+3 Youth Forum untuk Indonesia, yang telah melibatkan FOSCA untuk berpartisipasi di acara SCIENCE FOR ALL, semoga ini merupakan program awal untuk kita bisa bekerjasama lagi, amin.

Demikian laporan 3 Kegiatan FOSCA dibulan Februari 2010, tapi diingat masih ada 1 kegiatan lagi yang diadakan FOSCA dibulan Februari 2010, yakni pada tanggal 27 Februari 2010, dimana FOSCA akan mengadakan kegiatan PEMIKIR 2010. info lebih lanjut dapat di klik disini

0 komentar:

 

Forum of Scientist Teenagers (FOSCA) Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template