Senin, Februari 01, 2010

Report FOSCA Science Class Januari 2010 Edition


Pada tahun 2010 ini, FOSCA memperkenalkan program kegiatan baru yang bernama Science Class, dimana kegiatan ini berbentuk pertemuan sains di dalam kelas dimana kegiatannya dapat berupa seminar mini maupun workshop sains. Pada bulan Januari FOSCA mengadakan 2 kali pertemuan, adapun laporannya sebagai berikut ;

1. Science Class "ROBOTIC" Januari 2010 Edition - KIR SMAN 98 Jakarta

Pada tanggal 30 Januari 2010 kemarin FOSCA bekerjasama dengan KIR SMAN 98 Jakarta Timur mengadakan kegiatan Science Class 2010 yang bertemakan ilmu Robotika. Acara yang dihadiri oleh para peserta yang berasal dari Pengurus dan Anggota KIR SMAN 98 Jakarta serta juga mengundang KIR-KIR lain, seperti diantaranya ada yang berasal dari KIR SMAN 31, 39, 48, 54, 59, 61, 89, 98, 105 Jakarta, KIR SMA Labschool Jakarta, KIR MAN 2 Jakarta dan KIR SMAN 5 Bekasi.

Acara Semimar mini tentang Robotika yang disampaikan oleh ka Roni F dari UNJ

Acara dimulai Pukul 10.00 WIB dengan dibuka oleh Wakasek SMAN 98 Jakarta serta dihadiri oleh Pembina OSIS dan KIR. Kegiatan yang diadakan di Ruang Audio Visual tersebut berupa sesi seminar mini yang terdiri dari 2 Pembicara, diantaranya ; Pembicara 1, yakni ka Roni Firmansyah dari Teknik Elekstro Universitas Negeri Jakarta yang menjelaskan tentang Pengenalan Dasar Robotika. pada sesi ini yang menjadi moderatornya adalah Elsi (Ketua KIR SMAN 98 Jakarta), dan acara dilanjutkan dengan Sesi ke 2 yang disampaikan oleh ka Ronny Syamara dari Teknik Informatika Universitas Gunadarma yang menyampaikan Belajar Robot dengan Lego, adapun yang bertindak sebagai moderatornya adalah rosa (Ketua KIR SMAN 59 Jakarta).
Acara Workshop tentang Robotika diruang Lab. Kimia SMAN 98 Jakarta

Suasana Peserta Science Class Robotika saat membuat rangkaian robot

acara tepat pukul 12.45 diistirahatkan untuk acara ISHOMA, dan dilanjutkan lagi pada pukul 13.30 untuk sesi Wokshop perakitan robot yang bertempat di Lab. Kimia SMAN 98 Jakarta. Pada sesi workshop robotika, para peserta workshop robotika diajarkan bagaimana tata cara perakitan sebuah robot sederhana berjenis Animaloid (binatang) yakni robot kumbang dimana robot ini menggunakan senser sentuk untuk mengontrol jalan yang dimodif berupa antena serangga. peserta juga diperkenalkan tata kontroling motor guna dapat disatukan dengan sistem kontroling pada swich (sensor sentuh). Acara workshop berakhir pukul 16.30 WIB. lalu para peserta dikumpulkan lagi ke ruang audio visual untuk acara penutupan. tepat pukl 17.00 WIB acara Science Class Robotik Januari 2010 Edition ditutup oleh Pembina KIR SMAN 98 Jakarta.

2. Science Class "ASTRONOMY" Januari 2010 Edition - KIR SMAN 38 Jakarta

Sebelumnya pada tanggal 15 Januari 2010, FOSCA bekerjasama dengan KIR SMAN 38 Jakarta Selatan mengadakan acara Science Class bidang Astronomi, dimana pada hari itu ada terjadi peristiwa astronomis yang jarang terjadi, yakni terjadinya fenomena Gerhana Matahari Parsial (Sebagian). Acara yang di hadiri oleh para Pengurus dan Anggota KIR SMAN 38 Jakarta juga dihadiri perwakilan dari 2 KIR SMA lainnya yakni dari KIR SMAN 54 Jakarta dan KIR SMA Labschool Jakarta.

Acara Talkshow tentang Astronomi yang disampaikan oleh ka Indra dari HAAJ

Acara dimulai pukul 13.30 WIB dengan kegiatan Workshop pembuatan Sun Glasses (Kacamata Matahari) yang disampaikan oleh saudari Weni dari Divisi Astronomi "POLARIS" KIR SMAN 38 Jakarta, lalu dilanjutkan dengan Talkshow yang disampaikan oleh ka Indra dari Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ) dengan moderator saudari Bilqis. Tepat pukul 14.40 WIB para peserta pengamatan matahari keluar kelapangan sekolah untuk menyaksikan peristiwa gerhana tersebut dengan menggunakan Teleskop Refraktor Skywhacher dan Galileoscope, akan tetapi langit di sore hari itu mengalami mendung, peserta hanya bisa melihat terjadi peristiwa tersebut hanya 2 menit, sisanya langit tak tampak bersahabat. setelah acara pengamatan, kegiatan diakhiri dengan penutupan, tepat pukul 16.45 WIB acara berakhir.

Acara Workshop tentang Sun Glasses (Kacamata Matahari)

Acara Pengamatan Gerhana Matahari Parsial di Lap. Upacara SMAN 38 Jakarta

Demikian laporan Sciencce Class bulan Januari 2010, semoga apa yang kita lakukan, bermanfaat bagi KIR kita semua, amin. Sampai ketemu di Science Class di bulan lainnya.

0 komentar:

 

Forum of Scientist Teenagers (FOSCA) Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template