Sabtu, Maret 06, 2010

Report Kegiatan PEMIKIR (Pengenalan Management Kelompok Ilmiah Remaja) 2010


FOSCA pada tanggal 27 Februari 2010 mengadakan kegiatan bulanan untuk bulan Februari 2010, yakni acara pengenalan tata cara pengelolaan (management) organisasi ekstrakulikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) yang diberinama PEMIKIR (Pengenalan Management Internal Kelompok Ilmiah Remaja) 2010. Dimana acara ini yang tergolong kedalam kelompok "Science Event" dihadiri oleh 48 orang yang dari KIR-KIR tingkat SMA se JABODETABEK, baik yang menjadi peserta dan panitia, seperti diantaranya : KIR SMAN 6, 13, 28, 31, 34, 38, 54, 59, 60, 61, 71, 82, 84, 98, 105 Jakarta, KIR SMAN 2, 3 Bogor, KIR SMAN 5 Bekasi Acara di mulai pukul 10.00 dimana acara diawali dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana PEMIKIR, yakni saudari Rizkia Nur Aulia (perwakilan KIR SMAN 61 Jakarta) dan Ketua FOSCA yang diwakili oleh saudara Adly Renhoran (perwakilan KIR SMAN 54 Jakarta), lalu acara talkshownya dimulai dengan menampilkan 2 Pembicara, dimana 2 narasumber mewakili penjelasan tentang tata cara pengelolaan untuk organisasi secara umum maupun pengelolaan khusus untuk KIR.

Sambutan ketua pelaksana PEMIKIR saudari Rizkia Nur Aulia (kiki)

Sambutan ketua FOSCA yang diwakili oleh saudara Adly Renhoran (adly)

Suasana acara PEMIKIR 2010 yang dihadiri dari beberapa perwakilan KIR

untuk materi pertama, yakni penyampaian dari Kak Indra Firdaus (Poltek UI) sebagai perwakilan Alumni FOSCA yang menjelaskan tata cara pengelolaan (memanagerial) untuk organisasi secara umum. Disesi yang dimoderatori oleh saudari Wahyuni Elsi Putri (perwakilan KIR SMAN 98 Jakarta) lebih jabarkan bahwa sebuah organisasi harus dikelolah dengan baik, supaya organisasi berjalan dengan baik. Selain itu juga di sesitanya jawab dengan peserta PEMIKIR, kak Indra lebih banyak berbagi pengalaman diwaktu dia mengelola di organisasi yang pernah dia geluti, seperti di KIR SMAN 38 Jakarta, Klub Astronomi "Polaris" SMAN 38 Jakarta, FOSCA (Forum of Scientist Teenagers), Himpunan Mahasiswa Elektro Poltek UI dan Kompas MUDA Jakarta.

Sesi pertama tentang tata cara pengelolaan organisasi

Narasumber di sesi pertama ini adalah Kak Indra (Alumni FOSCA)

untuk materi kedua, yakni penyampaian dari Kak Nurdiansah (LIPI) sebagai perwakilan Pembina FOSCA yang menjelaskan materi LDM (Latihan Dasar Management) untuk Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) dibantu oleh moderator, yakni saudara Firman Wira Pratama perwakilan KIR SMAN 2 Bogor), dimana isi dari presentasi tersebut dijelaskan segala hal tentang KIR, baik mulai dari sejarahnya sampai hal teknis pengelolaan KIR (sistem kegiatan, keanggotaan, kepengurusan, pendanaan, pengelolaan, pertemuan, pelatihan, perlombaan, perekrutan,dll). Selain menjelaskan tentang KIR, ka nurdin juga menjelaskan tentang memecahkan permasalahan "klasik" KIR, seperti keaktifan anggota, kekompakan pengurus, keordinasian pembina, kepedulian alumni.

Sesi kedua tentang tata cara pengelolaan untuk Kelompok Ilmiah Remaja

Narasumber di sesi kedua ini adalah Kak Nurdin (Pembina FOSCA)

Selain materi tentang Management KIR, disini juga diselingi dengan sesi simulasi sistem pengenalan antar anggota KIR, dimana sesi tersebut masuk dalam materi kegiatan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) KIR nantinya.

Kelompok Pertama sedang disesi simulasi pengenalan KIR

Kelompok Kedua sedang disesi simulasi pengenalan KIR

Kelompok Ketiga sedang disesi simulasi pengenalan KIR

Kelompok Keempat sedang disesi simulasi pengenalan KIR

Kelompok Kelima sedang disesi simulasi pengenalan KIR

Demikianlah laporan tentang acara PEMIKIR 2010, semoga ilmu yang diberikan di acara tersebut bisa bermanfaat bagi KIR teman-teman sekalian, amin.

0 komentar:

 

Forum of Scientist Teenagers (FOSCA) Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template