Minggu, Januari 26, 2014

Report World Science Day (WSD) 2013 - KIR SMAN 106 Jakarta (Bagian 1)


Logo Kegiatan WSD 2013
Sehubungan dengan telah diselenggarakannya beberapa kegiatan ilmiah dalam rangka peringatan Hari Sains Sedunia (World Science Day – WSD) tahun 2013 yang diadakan pada 14 Desember 2013, dimana kegiatan dipusatkan di SMAN 106 Jakarta Timur dalam bentuk acara kegiatan Talkshow, Workshop, Pameran, Penelitian, Presentasi, Pemutaran Film, Permainan, Bazaar Ilmiah WSD 2013, Kami pengurus FOSCA (Forum of Scientist Teenagers) beserta teman-teman dari KIR SMAN 106 Jakarta Timur selaku tuan rumah WSD 2013 ingin melaporkan (report) rangkaian beberapa kegiatan yang dihadiri yang didedikasikan untuk memperingati World Science Day (WSD) 2013 dan International Year of Water Cooperation (IYWC) 2013 serta Mathematics of Planet Earth 2013.

Poster Kegiatan World Science Day (WSD) 2013 - KIR SMAN 106 Jakarta

Adapun laporan dan dokumentasinya sebagai berikut :

Registrasi Peserta dan Pembukaan acara WSD 2013

Kegiatan WSD 2013 dimulai Pukul 09.00 WIB, dimana 1 jam sebelum acara telah dibuka sesi Registrasi bagi teman-teman perwakilan KIR yang berkeinginan menjadi Peserta WSD 2013. Adapun dokumentasinya sebagai berikut :

Registrasi peserta WSD 2013 dari berbagai KIR sekolah sedang antri mendaftar ulang

Suasana Registrasi Peserta WSD 2013 

Tepat pukul 09.15 WIB, Acara WSD 2013 dibuka oleh Ketua Komite Sekolah SMAN 106 Jakarta, yakni Bapak Dr Wawan H Purwanto yang juga beliau juga seorang peneliti dan pengamat intelijen yang banyak berbicara tentang perkembangan ideologi, politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Adapun dokumentasinya sebagai berikut :

 Acara WSD 2013 dibuka oleh Dr.Wawan H Purwanto selaku ketua Komite Sekolah SMAN 106 Jakarta

Suasana acara Pembukaan kegiatan WSD 2013 diruang Audiovisual SMAN 106 Jakarta

Setelah acara Pembukaan, acara dilanjutkan dengan dibagi menjadi 5 Area, yakni Area Ruang Audiovisual untuk kegiatan Talkshow dan Presentasi Penelitian Nasional, lalu ada Area Ruang Seminar Ilmiah untuk Presentasi Informasi Kegiatan Ilmiah Remaja, lalu ada Area Ruang Movies untuk kegiatan Bedah Film Ilmiah, lalu ada juga Area Slasar Kelas untuk kegiatan Pameran hasil Karya inovasi siswa dan Pameran kegiatan KIR-KIR sekolah, dan terakhir ada Area Kelas atas yakni untuk kegiatan Permainan/Games Ilmiah. 

Untuk menjabarkan laporan kegiatan-kegiatan apa saja disetiap acara, diantaranya sebagai berikut ;

Talkshow Ilmiah WSD 2013

Pada sesi acara Talkshow Ilmiah WSD 2013 ini diadakan di Ruang Audiovisual SMAN 106 Jakarta, Pukul 10.00 WIB s/d 11.15 WIB, dengan menampilkan Narasumber dari FOSCA yang pernah melakukan project kegiatan dan penelitian ilmiah, diantaranya ada :
  • Ka Helmi Romdhoni (Ketua FOSCA angkatan 5 & Mahasiswa Biologi Universitas Negeri Jakarta (UNJ)) yang memaparkan tentang "Pengenalan Penelitian Air"
  • Ka Anggi Nurqonita (Ketua FOSCA angkatan 7, Siswi SMAN 98 Jakarta, serta duta UNEP TUNZA 9th Eco Generations Ambassador untuk Indonesia) yang memaparkan tentang “SchoolaTourRahmi Project"
Ka Helmi menjabarkan tentang penelitian air dari kajian ilmu Biologi, seperti penelitian invertebrata seperti kelas serangga yang hidup di permukaan air, bahkan bisa dijadikan indikator pencemaran air. Presentasi ka Helmi yang dimoderatori oleh ka Hadi yang selaku alumni Pengurus KIRTIM angkatan 2 dan juga alumni KIR SMAN 106 Jakarta. Adapun dokumentasinya sebagai berikut :

Ka Helmi menjabarkan penelitian air dilihat dari kajian ilmu Biologi

Suasana Talkshow WSD 2013 tentang penelitian air yang dimoderatori oleh ka Hadi (KIRTIM)

Selain untuk sesi ke 2 di Talkshow Ilmiah WSD 2013, menampilkan narasumber bernama ka Anggi Nurqonita (sang ketua FOSCA angkatan 7), pada kesempatan ini ka Anggi menjabarkan tentang projectnya yang diajukan ke ajang 4th Session of the Global Platform for Disaster Risk Reduction - Jenewa Swiss pada Mei 2013 yang lalu, yakni project tentang proyek mempromosikan/mensosialisasikan budaya keselamatan terhadap bencana disekolah dengan membuat "School Safety Clubs" yakni project tersebut diberinama “SchoolaTourRahmi". Talkshow yang dimoderatori oleh ka Ismah (pengurus KIRTIM angkatan 3 & KIR SMAN 106 Jakarta) ini banyak yang tertarik, dikarenanakan sang narasumber selain mempapaprkan sekilas projectnya, ka anggi juga menceritakan bagaimana dia mendapatkan kesempatan ke ajang tersebut dan juga tentunya mendapatkan bantuan pendanaan selama berada di negara Swiss. Adapun Dokumentasi dari sesi ini, sebagai berikut ;

Ka Anggi menjelaskan tentang project “SchoolaTourRahmi" ditemani ka Ismah selaku moderator

Sesi tanya jawab, dimana ka anggi sedang menjawab pertenyaan dari salah satu peserta di ruang audiovisual


Teman-teman KIR semua, demikian laporan bagian 1, dan kami dari Pengurus FOSCA angkatan 8 yang baru berusaha akan menghidupkan kembali media Blog FOSCA yang sempat vakum 2 tahun. untuk bagian 2 akan menjabarkan laporan kegiatan WSD 2013 di bagian Sesi kegiatan Presentasi Penelitian Ilmiah yang lolos ke Nasional di tahun 2013 serta menjabarkan kegiatan di Area Ruang Seminar Ilmiah yang menjabarkan Workshop dan Presentasi Ilmiah.... terima kasih atas perhatian dan dukungannya.... wassallam.

0 komentar:

 

Forum of Scientist Teenagers (FOSCA) Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template