Minggu, Maret 20, 2011

Report Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-42 tahun 2010


Sebelumnya FOSCA meminta maaf atas telatnya memberitahukan Laporan hasil salah satu ajang bergensi KIR tingkat Nasional bernama LKIR 2010 yang diadakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) , dimana para Dewan Juri LKIR 2010 telah melakukan proses menyeleksi, membaca dan menganalisis dengan seksama 662 proposal penelitian maka dipilihlah 26 proposal penelitian (terdiri dari 9 proposal bidang IPSK, 10 proposal bidang IPA, dan 7 proposal dibidang IPT) yang lanjut untuk diajukan ketahap berikutnya, yakni tahap pembimbingan selama kurang lebih 3 bulan untuk melengkapi proyek penelitiannya yang nantinya akan diberikan pembimbing dari LIPI, hingga akhirnya pada tanggal 12 November 2010, Dewan Juri LKIR (Lomba Karya Ilmiah Remaja) ke-42 tahun 2010 yang terdiri dari :

Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK):
1. Dr. Syarif Hidayat (LIPI)
2. Dr. Ninok Leksono (KOMPAS)
3. Dr. Dhaniel Dhakidae (LP3ES)

Bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA):
1. Dr. Adi Santoso (LIPI)
2. Prof. (Ris) Dr. Leonardus Broto Sugeng Kardono (LIPI)
3. Dr. Susiani Purbaningsih DEA (UI)

Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa (IPT dan Rekayasa):
1. Dr. LT Handoko (LIPI)
2. Dr. Yudi Darma (ITB)
3. Dr. M. Mustofa Sarinanto (BPPT)

menyatakan melalui proses menyeleksi, membaca dan menganalisis dengan seksama karya tulis ilmiah peserta karya tulis ilmiah terbimbing LKIR ke-42 tahun 2010, serta mendiskusikannya sesama Anggota Dewan Juri, dengan ini memutuskan dan menetapkan Finalis (LKIR) ke-42 tahun 2010 15 karya penelitian yang lolos Final LKIR 2010, adapun daftar Finalisnya sebagai Berikut disini

Hingga waktunya ditanggal 21-24 November 2010, dilakukan proses penilaian para Finalis LKIR 2010 yang bertempat di Hotel Bumi Wiyata - Jl. Margonda Raya, Depok, Jawa Barat. Dimana Penilaiannya dengan menggunakan tahap Pameran Penelitian dan Wawancara para Finalis LKIR 2010. Adapun Hasilnya Terpilih sebagai Jawara dibidangnya, diantaranya :

Penyerahan Hadiah dan Penghargaan untuk bidang IPA di LKIR 2010

Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK):
  • Pebrian, Alanikika Pratyaksa, dan Vina Nurlita, SMA Negeri 1 Malingping, Banten, dengan judul “30 Hari Menjadi Anak Nelayan: Kajian Tentang Kehidupan Sosial Keluarga Nelayan di Desa Muara-Binuangeun, Kecamatan Wanasalam, Lebak – Banten” selalu Juara 1.
  • Sementara untuk Juara 2 direbut oleh Christine Aprilia Sulistio dan Shoim Abdullah dari SMA N 3 Merauke, Papua dan Juara 3 diperoleh oleh Hardiana Arsyad dari SMA N 1 Pinrang, Sulawesi Selatan
Para Pemenang LKIR ke 42 tahun 2010 bidang IPSK

Bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA):
  • Yan Restu Freski dan Darmadi, Taman Pintar Science Club, Yogyakarta, DIY, dengan judul “Analisis Terhadap Pembelokan Aliran Sungai Opak saat Bermuara di Samudera Hindia (Studi Terhadap Faktor-faktor dan Proses Pembelokan Aliran Sungai)” selalu Juara 1.
  • Sementara untuk Juara 2 direbut oleh Rahmat Irkham Triaji dan Trisha Marselia dari SMA N 90 Jakarta, DKI Jakarta dan Juara 3 diperoleh oleh Rezza Putri Mahartika, Fauzizah Fatma Ningrum dan Erissa Hanifah dari MTsN Kediri II, Kediri Jawa Timur.
Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa (IPT dan Rekayasa):
  • Muh. Imam Mukhtar Shidiq dan Agustina Slamet dari SMKN 2 Depok, Sleman, DIY dengan judul "The Box Cleaner of Emission (Meminimalisir Polusi Gas Buang Kendaraan Bermotor pada Proses Penservisan)" selalu Juara 1.
  • Sementara untuk Juara 2 direbut oleh Budi Santoso, Elis Kartika Sari dan Novita Sari dari SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu, Cilacap, Jawa Tengah dan untuk Juara 3 diperoleh oleh Andrey Halim dan Reyner Jong dari SMA Santa Laurensia, Serpong, Tangerang, Banten.
Stand Pameran dari pemilik Juara 2 bidang IPT LKIR 2010

Dimana ke-3 Tim ini akan mewakili Indonesia diajang Internasional bernama : International Science and Engineering Fair (ISEF) di San Jose, California - USA.

Untuk teman-teman KIR di wilayah Jakarta, di ajang LKIR 2010 ada kabar Gembira dimana Perwakilan Jakarta yang di wakili oleh :
  • Rahmat Irkham Triaji dan Trisha Marselia, SMA Negeri 90 Jakarta, DKI Jakarta, dengan judul “Pemanfaatan Styrofoam Cair Sehat Hasil Pereduksian Monomer Stirena dengan Alfa Pinena Minyak Atsiri Kayu Putih dan Glikosida Sansevieria menjadi Benang Semi Sintetik” dengan Pembimbing Penelitian oleh Bapak Dr. Agus Haryono dari P2O Kimia LIPI Puspitek - Serpong. Berhasil mendapatkan Juara ke-2 (PERAK). Selamat....!!!
Juara 2 (Perak) LKIR 2010 Rahmat Irkham Triaji & Trisha Marselia
dari KIR SMA Negeri 90 Jakarta


Demikian Report LKIR (Lomba Karya Ilmiah Remaja) ke-42 tahun 2010, kami sampaikan semoga bisa bermanfaat.

Sumber : Panitia LKIR 2010 di : http://kompetisi.lipi.go.id/lkir42/ dan koleksi foto dari Rahmat Irkham Triaji (SMAN 90 Jakarta)

0 komentar:

 

Forum of Scientist Teenagers (FOSCA) Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template