Sabtu, Oktober 09, 2010

World Science Day for Peace and Development (WSDPD)


Peringatan Hari Sains Dunia utuk pertama kalinya diperkenalkan UNESCO, yakni salah satu badan PBB yang mengurusi Bidang Ilmu Pengetahuan (Sains), Pendidikan, dan Kebdayaan pada tahun 2001. Peringatan yang bernama lengkap World Science Day for Peace and Development (WSDPD) dirayakan di seluruh dunia setiap tanggal 10 November 2009 setiap tahunnya berdasarkan Resulusi PBB No.20 tahun 2001. Dimana Peringatan World Science Day ini merupakan bukti mandat dan komitmen UNESCO dan warga dunia akan kepedulian terhadap Ilmu Pengetahuan.

Poster Resmi WSDPD untuk tahun 2010 yang dikeluarkan UNESCO

Peringatan WSDPD ini juga merupakan tindak lanjut dari hasil Konferensi Dunia tentang Ilmu Pengetahuan (World Conference on Science). Dimana dalam Konferensi tersebut terselenggara atas kerjasama UNESCO dengan International Council on Science di kota Budapest, Hungaria pada tahun 1999.

Poster Resmi WSDPD dari tahun 2002 - 2009 yang dikeluarkan UNESCO

Dalam Peringatan pada tahun-tahun sebelumnya WSDPD mengangkat mengenai isu-isu sains yang berhubungan dengan masyarakat dunia, seperti untuk tahun 2010 ini WSDPD dikaitkan dengan peringatan Tahun Keanekaragaman Hayati Internasional 2010 yang dikenal dengan sebutan (International Year of Biodiversity 2010)

Sumber : http://www.unesco.org/science/psd/thm_popul/wsdpd.shtml

0 komentar:

 

Forum of Scientist Teenagers (FOSCA) Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template