Jumat, Agustus 13, 2010

Report CENTAURI 2010 - KIR SMAN 38 Jakarta - 10 Agustus 2010


Pada tanggal 10 Agustus 2010, FOSCA berkesempatan ikut dalam kerjasama dengan KIR SMAN 38 Jakarta dan Rusian Center for Science and Culture (Pusat Sains dan kebudayaan Rusia) mengadakan kegiatan Talkshow, Workshop, Pameran, dan Pemutaran Film yang berhubungan dengan dunia Antariksa, sekaligus perayaan 76 tahun kelahiran Kosmonot Rusia Yuri Gagarin. kegiatan yang bertempat di Rusian Center for Science and Culture in Jakarta - Jl. Diponegoro No.12 Menteng Jakarta Pusat ini dan dihadiri kurang lebih 150 orang yang terdiri dari perwakilan KIR SMAN 6, 21, 22, 28, 31, 35, 38, 48, 54, 59, 61, 68, 82, 89 Jakarta, KIR SMAN 2, 4, 5, 14 Bekasi, KIR SMAN 1, 3 Tangerang, KIR MAN 13 Jakarta, dan KIR SMA Labschool Jakarta.

Suasana acara Talkshow di CENTAURI 2010 yang penuh dihadiri peserta

Selain Siswa dari SMA, acara ini juga dihadiri oleh kakak yang berasal dari HIMASTRON (Himpunan Mahasiswa Astronomi) ITB Bandung dan kakak2 HAAJ (Himpunan Astronomi Amatir Jakarta). Selain itu juga terdapat 2 stand pameran yang berasal dari Divisi Astronomi "POLARIS" KIR SMAN 38 Jakarta dan Divisi Robotika "ARROW" KIR SMAN 38 Jakarta, serta Perpustakaan Pusat kebudayaan Rusia.

Presentasi singkat tentang KIR SMAN 38 Jakarta

Acara dimulai, dengan pembukaan yang disampaikan oleh saudari Weni (Ketua Pelaksana Centauri 2010), Ibu Kori (Pembina KIR SMAN 38 Jakarta) dan Bapak Defri (Asisten Direktur Rusian Center for Science and Culture in Jakarta). setelah beberapa sambutan, ada sesi singkat tentang Presentasi Profil KIR SMAN 38 Jakarta yang disampaikan oleh saudara Fachmy Ardiansyah (Ketua Umum KIR SMAN 38 Jakarta)

Sesi 1 Talkshow tentang Biografi Kosmonout Yuri Gagarin

Sesi Bedah Film tentang Catatan Harian Kosmonout Yuri Gagarin

Lalu dilanjutkan dengan Talkshow 1 mengenai Biografi Kosmonout Yuri Gagarin yang disampaikan oleh Bapak Defri Mustika dari Rusian Center for Science and Culture in Jakarta dengan moderator saudari Adel (Ketua Divisi Astronomi Polaris KIR SMAN 38 Jakarta) lalu dilanjutkan dengan pemaparan hasil pemutaran Film tentang Catatan Harian Kosmonout Soviet yang disampaikan oleh Adly Renhoran dari Forum Of Scientist Teenagers (FOSCA) dengan moderator saudari Bilqis.

Sesi 2 Talkshow tentang Pengenalan Wahana Antariksa

Sedangkan untuk Talkshow ke 2, disampaikan oleh Kak Nurdiansah dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dengan moderator saudara Guardian (Ketua KIR SMAN 5 Bekasi & Anggota FOSCA) dengan materi Mengenal Wahana Antariksa. Dalam sesi ini ka Nurdin menjelaskan tentang teknologi ruang angkasa yang dimiliki oleh negara-negara maju, seperti Rusia, Anerika, Jepang, India, Eropa, dll.

Sesi 3 Talkshow tentang Pengenalan Kosmologi Popular

Disesi selanjutnya, yakni Talkshow 3 disampaikan oleh Bapak Widya Sawitar dari Planetarium dan Observatorium Dinas Pendidikan DKI Jakarta, dalam materinya beliau menyampaikan tentang Kosmologi Popular, yang mencaku tentang dunia Astronomi dan perkembangannya yang dibahas se mudah mungkin para pelajar untuk memahaminya. Pada sesi ini yang menjadi moderator adalah saudara Gwyn (Ketua FOSCA dari SMAN 54 Jakarta).

Sesi 4 Talkshow tentang Wahana Rusia "Venera"

sedangkan untuk sesi Talkshow terakhir yakni talkshow ke 4, disampaikan oleh seorang pelajar SMP sekaligus anggota Himpunan Astronomi Amatir Jakarta bernama Athaariq Ramadino. Adik yang satu ini menjabarkan tentang Wahana milik Rusia bernama Venera yang bertgas meneliti Planet Venus.

Suasana salah satu peserta yang sedang bertanya kepada salah satu narasumber

Suasana penyerahan penghargaan kepada para narasumber

Selain acara Talkshow di acara CENTAURI 2010 ini juga diadakan acara Workshop Jam Matahri yang disampaikan oleh teman-teman dari Divisi Astronomi "Polaris" KIR SMAN 38 Jakarta dan selain itu juga CENTAURI di ramaikan dengan adanya Pameran Foto dan Poster tentang Tokoh Kosmonoutnya seperti Yuri Gagarin dan Valentina Tereskova, serta Wahana dan teknologi roket Antariksa. pameran ini juga di meriahkan juga dengan adanya stand2 komunitas astronomi dan robotika yang berasal dari HAAJ, FPA, POLARIS, ARROW, dan FOSCA.

Suasana Pameran di acara CENTAURI 2010

Sesi Foto bersama di depan Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Rusia

Demikian report di acara CENTAURI 2010, dan kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas kerjasamanya antara FOSCA dengan KIR SMAN 38 Jakarta dan Rusian Center for Science and Culture in Jakarta, semoga kita bisa saling bekerjasama kembali amin.

Sumber : didapatkan dari teman2 FOSCA yang mengikuti acara dan dari KIR SMAN 38 Jakarta

0 komentar:

 

Forum of Scientist Teenagers (FOSCA) Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template