Minggu, Januari 24, 2010

Report Kegiatan PARKIR (Pengenalan Aktivitas Riset Kelompok Ilmiah Remaja) 2010

FOSCA pada tanggal 23 Januari 2010 mengadakan kegiatan perdananya diawal bulan Januari 2010, yakni acara pengenalan perlombaan dan pelatihan bergengsi tingkat nasional buat KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) yang diberinama PARKIR (Pengenalan Aktivitas Riset Kelompok Ilmiah Remaja) 2010. Dimana acara ini yang tergolong kedalam kelompok "Science Event" dihadiri oleh 124 orang yang dari KIR-KIR tingkat SMA se JABODETABEK, naik yang menjadi peserta, panitia dan bahkan narasumber, seperti diantaranya : KIR SMAN 1, 4, 6, 14, 15, 28, 31, 34, 35, 38, 39 54, 55, 59, 60, 61, 71, 81, 89, 97, 98 Jakarta dan SMA Labschool Jakarta, KIR SMAN 1, 2, 3, 5 Bogor, KIR SMA Budi Mulya Bogor, KIR SMAN 1, 3, 7, 8 Tangerang, KIR SMAN 1, 5 Bekasi dan KIR MAN 2, 4, 13 Jakarta.

Suasana PARKIR 2010 berlangsung

Acara di mulai pukul 09.30 dimana acara diawali dengan Presentasi tentang FOSCA oleh sang Ketua FOSCA, yakni saudara Gwyn Walesa (perwakilan KIR SMAN 54 Jakarta), lalu acara talkshownya dimulai dengan menampilkan 6 Pembicara, dimana 3 narasumber mewakili penjelasan tentang Perlombaan Penelitian untuk KIR tingkat Nasional, (seperti : ISPO, LPIR, NYIA, LKIR, INAYS, dan OPSI ditahun 2009) dan 3 narasumber lainnya yang mewakili penjelasan tentang Pelatihan Penelitian untuk KIR tingkat Nasional maupun Regional, (seperti : PIRNAS, TLIR - SC, LDP).

Narasumber 1 bernama saudara Mawardi (perwakilan KIR SMAN 31 Jakarta) menceritakan pengalaman dia menjadi Finalis ISPO 2009 (Indonesian Science Project Olympiad) dan pengenalan + tata cara + trik & trip's buat mengikuti ajang ISPO serta menjelaskan sedikit tentang penelitian dia yang berjudul "Water Electric System - Pembangkit Tenaga Arus Sungai". dalam sesi ini terdapat peserta PARKIR bernama saudari Febry (ketua KIR SMAN 4 Jakarta) menanyakan "bagaimana mengatasi kesulitan mencari ide-ide penelitian, sementara sosialisasi ajang ISPO sudah dilakukan kepada anggota KIR-nya ...?"

Ka Mawardi dari KIR SMAN 31 Jakarta menjadi Narasumber ISPO 2009

Narasumber 2 bernama saudari Iffa (perwakilan KIR SMAN 34 Jakarta) menceritakan pengalaman dia menjadi Finalis NYIA 2009 (National Young Innovator Awards) dan pengenalan + tata cara + trik & trip's buat mengikuti ajang NYIA serta menjelaskan sedikit tentang penelitian dia yang berjudul "Alat Pemasang Lampu TL". alam sesi ini terdapat peserta PARKIR bernama saudara Bayu (ketua KIR SMAN 31 Jakarta) menanyakan "Sekolah di jakarta mana saja yang menjadi peserta dan finalis NYIA 2009, selain SMA 34 Jakarta ...?".

Iffa dari KIR SMAN 34 Jakarta menjadi Narasumber NYIA 2009

Narasumber 3 bernama saudari Dessy (perwakilan KIR SMAN 38 Jakarta) menceritakan pengalaman dia menjadi Finalis LPIR dan OPSI 2009 (Lomba Penelitian Ilmiah Remaja dan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) dan pengenalan + tata cara + trik & trip's buat mengikuti ajang LPIR dan OPSI serta menjelaskan sedikit tentang penelitian dia yang berjudul "Implementasi Kamera Digital CMOSCOPE dan SLR untuk mengidentivikasi satelit dan massa planet Jupiter". Dessy juga lolos dalam tahap seleksi buat lomba penelitian tingkat Internasional yakni ICYS (International Conference of Young Scientists), dan sampai acara PARKIR ini belum ada pengumuman siapa yang lolos menjadi Tim Merah Putih mewakili Indonesia. Disesi ini banyak yang bertanya kepada dessy tentang pengalaman dia diberbagai ajang lomba penelitian tingkat nasional.
Ka Dessy dari KIR SMAN 38 Jakarta menjadi Narasumber LPIR dan OPSI 2009

Narasumber 4 bernama saudari Lita (perwakilan KIR SMA Labschool Jakarta) menceritakan pengalaman dia menjadi Peserta PIRN 2008 - Tulungangung dan PIRN 2009 - Yogyakarta (Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional) dan pengenalan + tata cara + trik & trip's buat mengikuti ajang PIRN. Kegiatan yang dilaksanakan selama 7 hari ini merupakan ajang tahunan ke 8 dimana LIPI sebagai penggagas beserta panitianya. disesi ini banyak bertanya tentang PIRN, seperti ada yang menanyakan "Kenapa informasi berita ajang ini banyak yang tidak diketahui oleh para KIR-KIR Jakarta dan sekitarnya....?".

Ka Lita dari KIR SMA Labschool Jakarta menjadi Narasumber PIRN 2009

Narasumber 5 bernama saudari Meutia (perwakilan KIR SMAN 15 Jakarta) menceritakan pengalaman dia menjadi Peserta LDP 2009 - Cibodas Jawa Barat (Latihan Dasar Penelitian) se Jakarta Utara. Diajang LDP ini Meutia menjelaskan bahwa acara yang diselenggarakan oleh Disorda Jakarta Utara dan KIRJU diikuti hampir dari semua SMA Negeri dan Swasta se Jakarta Utara ini mengajarkan kepada peserta LDP, bagaimana cara membuat Proposal pengajuan Penelitian, Serta pengkajian dasar ide-ide penelitian, dll.

Meutia dari KIR SMAN 15 Jakarta menjadi Narasumber LDP 2009

Narasumber 6 bernama saudara Fahmi (perwakilan KIR SMAN 35 Jakarta) menceritakan pengalaman dia menjadi Peserta TLIR 2009 - Pulau Pari Kepulauan Seribu (Temu Lapang Ilmiah Remaja) se Jabodetabek. Kegiatan yang sering FOSCA sebut sebagai SCIENCE CAMP ini merupakan hasil kerjasama FOSCA dengan LIPI dan Planetarium Jakarta. dimana tema dari acara Science Camp 2009 tersebut adalah Saksikan Bintang di Laut dan di Langit. Disesi ini juga Fahmi dibantu oleh Gwyn dan Adly yang waktu itu sama-sama menjadi Panitia Science Camp 2009. Disesi ini dijabarkan kegiatan peserta Science Camp 2009 selama 3 hari di pulau pari, diantaranya pengenalan metode penelitian, teknik pengambilan data, pengolahan data, serta mempresentasikan data penelitian mereka yang pada kesempatan itu bertemakan Oseanografi dan Astronomi, sekaligus event tersebut didedikasikan buat perayaan International Year of Astronomy (IYA) 2009.

Ka Fahmi dari KIR SMAN 35 Jakarta menjadi Narasumber TLIR - SC 2009

Dari 6 rangkaian narasumber ini, selalu didampingi oleh 2 Moderator, yakni Saudari Ersania (perwakilan KIR MAN 13 Jakarta) dan Saudari Syabilla (perwakilan KIR SMAN 1 Tangerang) dimana mereka berdua sebagai pengontrol keadaan acara talkshow berlangsung.

Seseorang salah satu penanya tentang FOSCA di acara PARKIR 2010

acara terakhir adalah rangkaian ramah tamah, dimana FOSCA juga mengenalkan para Alumni FOSCA yang waktu itu menyempatkan hadir (ada ka indra, ka asti, ka dessy, ka mitha, ka narto). tepat pukul 16.30 WIB acara FOSCA berakhir, dan acara ditutup serta para peserta dan panitia ikut sesi berfoto bersama.

Dialog dengan para Alumni FOSCA dari angkatan 1 sampai 3

Demikian lah rangkaian singkat tentang PARKIR 2010, kami atas nama panitia mengucapkan banyak terima kasih kepada para narasumber dan peserta yang telah memberikan kesediaan waktunya untuk ikut hadir di acara perdana FOSCA awal tahun 2010. semoga kita bisa bertemu lagi di kegiatan FOSCA lainnya, amin.

0 komentar:

 

Forum of Scientist Teenagers (FOSCA) Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template