Minggu, September 06, 2009

Report Seminar Astronomi di LAPAN, Jakarta

Pada minggu 30 Agustus 2009, FOSCA mendapat undangan untuk menghadiri seminar astronomi di LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) di Jakarta. Acara ini bertemakan "mencari bintangmu di langit" yang diselenggarakan oleh Goodreads, komunitas pecinta buku. Sebagian dari FOSCA ada yang langsung menuju LAPAN, ada juga yang berkumpul terlebih dahulu di Planetarium Jakarta untuk melepas rindu ketika terakhir kali bertemu pada konser HUT RCTI. Begitulah apabila rasa persahabatan yang sedemikian eratnya sehingga waktu terasa sangat lama bila tidak dilalui bersama.

Tim FOSCA yang datang sekitar 40 orang perwakilan dari KIR SMAN 31, 35, 38, 54, 72, 83, 89 Jakarta, SMAI Al Izhar Pondok Labu, SMA Labschool Rawamangun, SMAN 2, 3 Bogor, SMAN 1 Tangerang, SMAN 4 Bekasi, MAN 13 Jakarta. Pukul setengah 4 sore, kami semua sudah berada di gedung LAPAN yang terletak di daerah Rawamangun dan melakukan registrasi. Setelah itu, kami semua berbaur jadi satu dan saling bercengkrama satu sama lain. Acara dimulai pukul 4 diawali dengan sekilas mengenal LAPAN dan dilanjutkan dengan pemutaran film mengenai peluncuran roket. Setelah pemutaran film, barulah kita memasuki acara sebenarnya yaitu diskusi mengenai astronomi yang menghadirkan tiga pembicara alumni Astronomi ITB (Institut Teknologi Bandung). Yang pertama adalah Bpk. Gunawan Admiranto dan Bpk. Immanuel Sungging Mumpuni dari Peneliti Matahari di Pusat Pemanfaatan Sains Antariksa LAPAN Bandung, serta ada Ibu Marianna SW dari Yayasan Surya Institute. Ketiga pembicara ini ditemani oleh seorang moderator yang akan memandu jalannya diskusi.

Berikut ini adalah dokumentasi dari kegiatan seminar (P.S : mohon maaf kalau foto pas seriusnya kurang karena fotonya pas lagi narsis semua...spiacente)

Narasumber menyampaikan materinya

Lita dari Labschool memberikan pertanyaan

Narsis segera dimulai dengan beragam gaya aneh

Narsis edisi kedua pada selang waktu tak begitu jauh....

Narsis jilid tiga (g tau malu..)

Narsis terparah karena didepan ruangan (zzz.... gila!!)

Hingga detik terakhir selalu saja...

Meskipun kami seperti ini, pada dasarnya kami semua mendengarkan dengan serius. Terbukti dari tim FOSCA banyak yang mendapatkan hadiah bukunya.... See you again in next event, HAAJ's 3rd Star Party at LAPAN Tanjungsari Sumedang dan FOSCA Galilean Nights 2009. Info lebih lanjut ditunggu saja, yang penting siap2.

Arrivederci ....! Salam KIR !!!

0 komentar:

 

Forum of Scientist Teenagers (FOSCA) Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template